Minggu, 25 Januari 2015

Peranan Sistem Akuntansi bagi Dunia Bisnis


Menurut Al. Haryono Yusup(2001),  Akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, mengolah data menjadi laporan, dan mengomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Oleh karena itu, akuntansi juga disebut “bahasa bisnis” karena dengan akuntansi sebagian besar informasi bisnis dikomunikasikan. Akuntansi memiliki peran penting sebagai salah satu penentu masa depan atau kelangsungan bisnis suatu perusahaan.
Tujuan dari kebanyakaan perusahaan adalah memaksimumkan laba. Laba adalah selisih antara jumlah yang diterima dari pelanggan atas barang atau jasa yang dihasilkan dengan jumlah yang dikeluarkan untuk membeli sumber daya dalam menghasilkan barang atau jasa tersebut. Da 3 jenis perusahaan yang beroperasi untk menghasilkan labayaitu perusahaan manufaktur, perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
Hampir semua organisasi memerlukan akuntansi. Dalam hal tertentu, prosedur akuntansi dapat tergantung pada bentuk organisasi. Umumnya ada 3 bentuk perusahaan yang berbeda yaitu perusahaan perorangan, perusahaan persekutuan dan perusahaan perseroan.
Peranan utama akuntansi adalah pengontrol atau pengendali keuangan dalam perusahaan. Dalam kegiatan ekonomi, khususnya di dunia bisnis, pengendalian merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnis tersebut. Dengan adanya akuntansi, perusahaan akan mengetahui pengelolaan dana, laba yang dihasilkan, serta kerugian dari aktivitas ekonomi mereka. 

Sumber referensi :
Yogyakarta : Bagian Penerbitan STIE YKPN.
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar